Pentingnya Pembangunan Infrastruktur Telekomunikasi Indonesia

Rindu ...

Engkau bagai senja yang hadirnya di nanti setiap orang, bagai hujan yang mengenang masa lalu dan bagai angin yang berlalu.

Lalu bagaimana agar semua rindu ini terobati,sedang jarak tak mampu ku patahkan untuk menjangkaumu di kejauhan.

Rindu kampung halaman sebab aku adalah perantau.
Rindu sanak family sebab aku di pindahkan tugas oleh atasan.
Dan rindu kekasih sebab aku  menjalin hubungan jarak jauh (LDR)

Lalu begitu banyak orang yang merindu dengan kasus yang berbeda.

Mereka berteriak "Rindu....."

Oh Begitukah penat dan sesaknya menahan rindu? 

Namun pada akhirnya zaman merubah kegalauan manusia, zaman dapat menciptakan teknologi tercanggihnya . 
Kita patut bangga dan bersyukur. 
Dengan kemajuan teknologi  yang memudahkan manusia untuk mengobati rindunya sebab jarak berkilo-kilo jauhnya .

Bicara tentang kemajuan teknologi saat ini, 

Maka kita harus mengerti apa dan bagaimana semua akses komunikasi itu dapat terjadi dan seberapa pentingnya komunikasi dalam kehidupan sehari-hari?

Nah, kita semua tahu bahwa komunikasi itu sangat penting dalam kehidupan sehari-hari baik secara langsung maupun tak langsung .

Itu mengapa kita sebagai pengguna handphone atau gadget lainnya sangat membutuhkan signal dan jaringan yang bagus untuk kelancaran pengguna . 
Tapi sebelum kita membahas betapa pentingnya komunikasi melalui gadget yang telah menjadi sebuah kebutuhan .
Maka ada baiknya kita tahu asal usul telekomunikasi tersebut.
Jadi, telekomunikasi ialah suatu tehnik untuk menyampaikan atau mengirim sebuah informasi. Bentuk komunikasi jarak jauh yang menggunakan signal telekomunikasi ini dibagi menjadi 3 Bagian. yaitu :



1. Komunikasi 1 Arah

atau dalam artian komunikasi Simplex. Komunikasi jenis ini hanya bisa mengirim tanpa bisa menerima, contohnya alat elektroniknya ialah TV dan Radio.
2. Komunikasi 2 Arah
Atau dalam artian komunikasi Duplex. Komunikasi duplex ini dapat mengirim dan menerima sebuah informasi dan juga dapat berkomunikasi menggunakan alat elektronik  yang sama, contohnya ialah Telepon dan VOIP.
3. Komunikasi Semi 2 Arah 
Atau juga dalam artian disebut komunikasi
Half Duplex. didalam komunikasi jenis ini juga dapat mengirim dan menerima informasi berkomunikasi , tetapi tidak berbarengan , melainkan bergantian .contohnya handytalky, chatroom dan FAX

Adapun Komponen yang mendukung untuk berkomunikasi dan melakukan telekomunikasi yaitu:
1. Informasi
Informasi ini adalah suatu data yang dikirim maupun diterima oleh pengguna yang berupa suara,file,gambar maupun tulisan.
2. Pengirim
Mengubah suatu informasi menjadi sebuah sinyal listrik untuk dikirim
3 Penerima
Menerima sebuah sinyal elektromagnetik yang kemudian diubah menjadi sebuah sinyal listrik dan diubah lagi ke sebuah infotmasi asli sesuai dari pengirim yang langsung di proses supaya dipahami oleh penerima.
4. Media transmisi 
Media ini ialah sebuah alat yang berguna untuk mengirim . dikarenakan jaraknya jauh, sinyal pengirim ini diubah lagi dengan gelombang radio, kemudian diubah lagi menjadi sebuah gelombang elektromagnertik yang dipancarkan menggunakan antena .

Dari jenis serta komponen dalam telekomunikasi di atas kita dapat menarik kesimpulan bahwa saat ini telekomunikasi menjadi sangat penting untuk tumbuh kembangnya kemajuan dalam suatu negara atau daerah.
telekomunikasi juga  saat ini menjadi sebuah hal yang mendasar terhadap perekonomian Indonesia, hal ini dapat dilihat dari perkembangan pesat nya yang terus berkembang sejak abad 20 hingga saat ini. Hal ini dapat menjadi indikator bagi perkembangan ekonomi maupun sosial yang ada.

Jaringan telekomunikasi memberikan masukan yang positif untuk dunia bisnis dan dapat mendongkrak perekonomian hingga tahap yang menggembirakan. Saat ini telekomunikasi dapat dijangkau baik secara lokal maupun global. Dengan cara ini, hal ini dapat menunjang perkembangan dunia telekomunikasi di Indonesia.

Nah ternyata selain telekomunikasi sebagai sarana dalam memudahkan kita untuk berkomunikasi dengan seseorang di kejauhan ,namun ia berfungsi juga dalam pembangunan ekonomi maupun sosial yang ada . 
Dengan demikian telekomunikasi menjadi faktor utama jalur lintas Informasi yang juga merupakan penunjang terbesar dalam upaya tercipatnya sumber daya manusia yang berwawasan luas.Ya,dengan banyak nya operator jaringan telepon seluler kita bisa dengan mudah berhubungan dengan sanak family,teman,kerabat yang berada di jauh dari kita.Dengan telekomunikasi jugalah kita bisa mnengetahui apa saja yang terjadi di luar sana dengan waktu yang tidak lama.



DiIndonesia saja contohnya,telekomunikasi mempunyai andil besar dalam pembangunan. 
Pembangunan semakin pesat berkat adanya telepon selular,internet dan media telekomunnikaasi yang lainnya.
Dan juga,telekomunikasi mempunyai peran dalam menggali SDM yang ada di tanah air kita ini.Jadi telekomunikasi telah dan akan membawa kita ke dunia yang lebih maju dan canggih.Ditambah lagi dengan adanya telekomunikasi suatu hal yang tidak mungkin terjadi bisa diwujudkan atau terjadi. 
Telekomunikasi yang ada di Indonesia khususnya,akan membuat Indonesia bisa bersaing dengan Negara lain.

Dan infrastruktur telekomunikasi ini sangat penting untuk di bangun di semua penjuru indonesia ,bukan hanya dikota namun di perdesaan juga . 
Desa menjadi salah satu tempat yang membutuhkan  sarana informasi teknologi bebasis multi media guna menunjang kegiatan sosial-ekonomi masyarakat Penggunaan sarana informasi tekhnologi
pembangunan prasarana didesa sangat lah penting untuk menunjang potensi didesa seperti jaringan komunikasi dan internet ,didesa sangat lah sulit untuk berkomunikasi.
karena jaringan masih tidak stabil ,jaringan telekomunikasi sangat lah penting untuk menunjang kebutuhan masyarakat untuk mempermudah mengakses internet atau pun mendukung seperti  kegiatan perkantoran.Semua warga bisa menyerap berita atau informasi dengan lebih mudah dan cepat.


Namun saat ini kita tak perlu risau karena ada PT Sarana Multi Infrastruktur (Persero) (PT SMI) adalah perusahaan pembiayaan pada 26 Februari 2009 sebagai Badan Usaha Milik Negara (BUMN) dengan 100% kepemilikan saham oleh Pemerintah Indonesia melalui Kementerian Keuangan Republik Indonesia.
PT SMI memainkan peran aktif dalam memfasilitasi pembiayaan infrastruktur, melakukan kegiatan pengembangan proyek dan melayani jasa konsultasi untuk proyek-proyek infrastruktur di Indonesia. PT SMI membawa tugas mendukung agenda pembangunan infrastruktur pemerintah Indonesia melalui kemitraan dengan lembaga-lembaga keuangan swasta dan / atau multilateral dalam skema Kerjasama Pemerintah Swasta (KPS). Dengan demikian, PT SMI dapat berfungsi sebagai katalis dalam percepatan pembangunan infrastruktur di Indonesia.
Nah dengan lembaga PT Sarana Multi Infrastruktur ini akan membuat rindu akan segera berakhir dan membuat indonesia semakin maju dan sejahtera.


No comments