Diet kantong palstik adalah bukti cinta pada lingkungan

Assalamualaikum...

Siapa sekarang yang lagi diet makan? Wahh kayaknya banyak ya, termasuk aku hihi . 
Diet merupakan salah satu alternatif untuk mengurangi suatu metode tertentu,misal diet makan artinya bukan tidak makan tapi mengurangi atau mengontrol pola makan . 
Nah tapi kali ini kita gak akan bahas diet makan nih temen-temen. 
Kita akan bahas diet sehat untuk lingkungan. 
Kalian penasaran? Yuk baca terus sampai selesai ya. 
Jadi, diet sehat untuk lingkungan itu salah satu nya dengan mengurangi pemakaian kantong plastik, temen-temen bisa ganti kantong plastik dengan tas belanja.


Nah kenapa demikian? 
Karena Kantong plastik (dan jenis plastik lainnya) sulit terurai di tanah karena rantai karbonnya yang panjang, sehingga sulit diurai oleh mikroorganisme. Kantong plastik akan terurai ratusan hingga ribuan tahun kemudian. Kantong plastik yang diklaim ramah lingkungan pun akan terurai lama dan tetap akan menjadi sampah. Terlebih lagi karena sifatnya yang cepat terurai menjadi mikro plastik, akan lebih mudah untuk mencemari lingkungan.


Bayangin aja sehari kita belanja berapa kali, dan berapa banyak menggunakan kantong plastik. 
Apa lagi mereka pemakai kantong plastik yang tidak bertanggung jawab, membuangnya tidak pada tempatnya. Hal ini akan membuat lingkungan kita menjadi tercemar dan dapat menyumbat siring-siring atau selokan yang akan mengakibatkan banjir, kemudian plastik tersebut di daur ulang kembali menjadi wadah makan dan minum yang membuat racun dalam plastik berpindah pada makanan yang kita konsumsi, dan juga dari sampah plastik itu sendiri dapat merusak ekosistem sungai dan laut. 

Kita patut prihatin apabila lingkungan kita lama kelamaan menjadi rusak sebab ulah tangan kita sendiri.
Dengan begitu yuk kita mulai dari diri kita sendiri untuk menjaga dan melestarikan lingkungan kita. 
Dengan mengganti kantong plastik menjadi tas belanja, selain hemat kita juga membantu merawat lingkungan kita.

Memang mengubah budaya masyarakat yang semula akrab dengan kantong plastik lalu mengurangi konsumsinya, memang tidak semudah membalikkan telapak tangan. Tapi kita bisa memulainya dari sekarang.
Untuk itu sekarang Alfamart dan Alfamidi menyediakan tas belanja untuk kita para konsumen. Harganya mulai Rp 3.500 sampai Rp 5000. 

Dan kemaren aku udah belanja di Alfamart dengan tas cantik yang menghemat pengeluaran aku. Aku sayang Indonesia dan lingkunganku. 

Nah temen Alfamart mengajak kita untuk berkontribusi  peduli akan indonesia,
Kita juga harus merubah pola pikir kita akan itu.  
Yuk mari sama-sama kita diet kantong plastik untuk Indonesia lebih sehat.
 

1 comment