Cara membuat cilok khas Bandung


Siapa disini yang suka ngemil . Tunjuk jari dong . Kali aja kita samaan.
Tiada hari tanpa nyemil ah rasanya sudah seperti kebiasaan. 
Nyemil bareng teman pas nongkrong seru banget kan ya. 
Tapi nih ya ngomong-ngomong tentang nyemil . Sekarang aku lagi  sukabanget nyemil cilok.
Nyemil yang bikin kenyang dan nagih terus menerus.
Karena aku pengen hemat biar gak beli-beli terus akhirnya aku berinisiatif buat sendiri cilok ala aku yang rasanya gak kalah enak sama yang di jual sama mamang2 tukang cilok.
Dan yuk baca terus sampai selesai gimna cara buat cilok ala aku.

Bahan-bahan yang digunakan :
  1. Tepung terigu 100 g 
  2. Tepung tapioka 100 g 
  3. Bawang putih 1 siung (haluskan) 
  4. Daun bawang 1 batang (iris halus)
  5. Merica bubuk sdt
  6. Gula pasir sdt 
  7. Penyedap rasa sapi 1 sdt 
  8. Garam 1sdt
  9. Air panas 200 ml
Cara membuat :
  1. Campur tepung terigu dengan bawang putih, daun bawang, merica bubuk, gula pasir, penyedap rasa, dan garam. 
  2. Kemudian tuang air panas secara perlahan sampai dirasa adonan cukup basah dan mengental. 
  3. Lalu masukkan tepung tapioka. 
  4. Uleni dengan tangan perlahan-lahan hingga rata.. Kemudian bentuk bulat-bulat kecil. 
  5. Didihkan air. 
  6. Lalu masukkan cilok yang telah dibentuk ke dalam air. 
  7. Jika cilok sudah mengapung maka tandanya sudah matang.
  8. Cilok ala aku siap di hidangkan.

Duh gampang banget kan temen-temen yuk siapa yang mau coba juga bisa pake resep aku. 
Dan juga ini menghemat uang jajan juga loh . 
Kalau buat sendiri dapet banyak dan puas. 

Oiya itu tadi resep cilok nya ya . Nah masa makan cilok doang ga pake kuah kacang nya . Kan ga enak ya. 
Oke aku bakal kasih resep kuah kacang cilok 


Bahan-bahan yang digunakan :
  1. Kacang tanah 100 g. 
  2. Goreng Cabe rawit merah 7 buah 
  3. Gula merah 4 sdm 
  4. Bawang putih 2 siung
  5. Air asam jawa 1 sdm 
  6. Garam 1 sdt Minyak Air 200 ml
Cara membuat :
  1. Tumbuk kacang hingga halus 
  2. tambahkan cabe, gula merah, bawang putih, air asam jawa, dan garam. 
  3. Setelah itu kemudian tumis dengan minyak goreng sedikit saja. 
  4. Tumis hingga baunya semerbak

Nah yuk langsung cobain . Di jamin yummy....

No comments