Cara menggunakan panci presto


Eh btw ada gak disini yang sama kayak aku ga tau caranya gunakan panci presto. Hihi efek ngekost yang taunya cuma masak nasi di magic sama masak telor dadar hahha yang lain beli aja .
Nah karena hal ini aku ga ngerti gimana cara pakai panci presto. 
Pikirku awalnya biasa aja sih seperti kita gunakan panci2 biasa.
Eh tapi ternyata enggak loh.
Ah untung Mama ku baik hati jadi aku di ajarin deh .
Nah buat kalian yang masih bingung gimana sih cara menggunakan panci presto dengan baik . Dari pada salah terus panci nya rusak.  Ah bakal ngomel nih Mak ku nanti.

Jadi kali ini aku mau kasih tau nih gimana cara menggunakan panci presto dengan benar.:

1.Buat Persiapan Sebelum Memasak
Sebelum Anda memakai panci presto untuk memasak, periksalah kebersihan panci terlebih dahulu. Panci yang ideal untuk memasak makanan adalah panci yang tidak penyok atau tidak ada kerusakan lain. Periksa gasket (cincin karet) panci, pastikan gasket dalam kondisi baik sebelum dipakai untuk memasak. Tutup panci juga harus diperiksa, karena retak atau kerusakan pada tutup tentu saja akan membuat proses memasak jadi kurang maksimal
2.Memasukkan Bahan Makanan
 Cara menggunakan panci presto ini juga harus berfokus dengan jumlah air di dalamnya. Anda bisa menentukan sendiri jumlah air yang ideal untuk memasak. Jika Anda memerlukan waktu yang lebih lama untuk memasak, tambahkan saja jumlah air di dalam panci presto.
Satu hal penting yang harus Anda ketahui, jangan mengisi panci presto hingga penuh. Isi panci presto tidak boleh melebihi dua pertiga dari kapasitas panci tersebut. Pasalnya, Anda pun harus menyisakan ruang agar dapat menghasilkan tekanan uap yang stabil.
3.Tentukan waktu Memasak
Waktu memasak harus disesuaikan dengan jenis masakan yang diolah. Anda harus menyesuikan waktu memasak dengan grafik cooking time. Jangan sampai terlambat mematikan api, karena jika terlambat maka masakan menjadi sangat lembek.
4.Melepaskan Tekanan dari Panci
Untuk melepaskan tekanan dari panci, matikan api lalu biarkan saja. Karena proses pelepasan tekanan umumnya akan berlangsung sekitar 10-20 menit. Sementara itu, cara lain untuk melepaskan tekanan dari panci adalah membuka katup pegas dan membiarkan uap dari dalam panci keluar. Saat uap tersebut habis, maka Anda bisa membuka tutup panci.
Nah kira2 begitulah cara menggunakan panci presto dengan benar. Jangan sampai salah ya apa lagi sampai ada insident. 

No comments