Tips Berpuasa untuk Anak kecil


من كان أصبح صائما فليتمّ صومه ومن كان أصبح مفطرا فليتمّ بقية يومه
Barang siapa yang pagi hari ini berpuasa, hendaklah menyelesaikannya. Barang siapa yang tidak berpuasa (sudah sarapan), hendaknya menahan (makan dan minum) sampai selesai.’
Setelah adanya pengumuman itu, kami berpuasa dan mengajak anak-anak untuk melaksanakan puasa. Kami juga mengajak mereka ke masjid dan memberikan mereka mainan dari kulit (wol). Jika mereka menangis karena lapar, kami menyodorkan mainan sampai waktu berbuka puasa tiba.” (HR. Bukhari dan Muslim)
Meski anak-anak tersebut masih kecil, ternyata masih ada orang besar yang kalah dari mereka.
وقال عمر رضي الله عنه لنشوان في رمضان: ويلك! وصبياننا صيام! فضربه
“’Umar radhiyallahu ‘anhu berkata kepada orang yang mabuk-mabukan pada siang hari bulan Ramadhan, ‘Celaka kamu! Anak-anak kami yang masih kecil saja berpuasa!‘ Kemudian beliau memukulnya.” (Shahih Al-Bukhari, bab “Shaum Ash-Shibyan”, no. 1690)

Perlu diingat bahwa melatih anak puasa Ramadhan tidak sama dengan mewajibkan mereka berpuasa. Bahkan di dalam Islam sendiri telah disabdakan oleh Rasul-Nya: “Tidak ada kewajiban syar’i bagi anak-anak yang belum baligh”.
Selain itu dalam melatih anak puasa, orangtua harus mempertimbangkan kondisi dan kemampuan mereka. Telah jelas bahwa Islam sendiri tidak menghendaki adanya unsur paksaan dalam mendidik anak. Alih-alih memaksa, berikanlah anak motivasi untuk mereka berpuasa dengan sabar.

Ditambah lagi bulan Ramadhan sebentar lagi tiba, dimana lembaga pendidikan akan mendukung bulan suci ini dengan ragam kegiatan yang positif. Mendorong anak berpuasa bersama rekan sepantaran tentu akan membuat mereka lebih bersemangat.

1. Mulai dari Puasa Setengah Hari

Tak mudah tentunya tiba-tiba harus menjalani ibadah puasa selama satu hari penuh. Ajarkan anak berpuasa secara bertahap. Hal ini bisa dilakukan dengan memulai puasa selama setengah hari terlebih dahulu.
Si kecil bisa belajar puasa selepas waktu sahur hingga jam makan siang. Lakukan ini selama beberapa hari dan jika si kecil sudah siap, orang tua bisa secara bertahap menambahkan durasi berpuasa anak.

2. Awali dengan Puasa dari Makanan-Makanan Tertentu

Cara mengajahkan anak berpuasa secara bertahap juga bisa dimulai dari memilih makanan-makanan tertentu yang digemari si kecil. Misalkan jika si kecil menyukai ayam ajarkan anak berpuasa dari kedua makanan tersebut selama bulan puasa sebelum memulai puasa secara penuh.
Secara perlahan kurangi pilihan makanan tersebut hingga akhirnya si kecil mulai terbiasa dan bisa mencoba berpuasa secara penuh.

3. Perlahan Ajarkan Anak Makna Puasa serta Berbagai Tradisi Uniknya

Jangan lupa, sembari mengajarkan puasa, orang tua juga harus perlahan mengajarkan mengenai manfaat serta makna dari ibadah puasa, kebaikan bulan Ramadan, dan berbagai hal lainnya agar si kecil memahami mengapa ia perlu berpuasa.
Kenalkan juga si kecil mengenai berbagai tradisi-tradisi selama bulan Ramadan seperti taraweh, ngabuburit, dan lainnya agar ia lebih tertarik untuk belajar berpuasa.

4. Siapkan Makanan Favorit untuk Berbuka Puasa

Sebagai bentuk motivasi dan penghargaan karena sudah mau belajar berpuasa, Bunda bisa menyiapkan makanan favorit si kecil pada saat berbuka puasa.
Bila perlu, libatkan anak dalam pemilihan menu buka puasa dan juga proses persiapannya agar si kecil termotivasi untuk menyelesaikan ibadah puasa-nya pada hari itu.
Itulah 4 tips berpuasa untuk anak kecil . Ajarkan bertahap dan penuh dengan kesabaran serta berikan ilmu pengetahuan akan pentingnya puasa Ramadhan

No comments