Pilih kredit atau menabung untuk membeli sesuatu



Hay guys assalamualaikum ... 
Nah siapa disini ya g punya hobby shopping alias belanja . 
Yuuhuu kita sama ya . Tapi kira2 temen-temen kalau belanja lebih milih nabung atau kredit untuk membeli sesuatu yang kita impikan. Misal mobil, rumah atau apa lah . 

Kenapa memilih kredit dan kenapa memilih menabung.  
Kalau aku pribadi sih lebih memilih menabung. Karena pada dasarnya aku itu paling menghindari yang namanya menghutang. Jadi menurut aku kredit adalah hutang berbeda dengan nabung kita hanya menahan.  
Tapi aku tidak memungkiri nanti jika di suatu waktu aku bakal kredit juga . Hihi tapi sebisa mungkin hal itu jangan terjadi. 
Maka dari itu bekerja cerdas dan keras agar tabungan kita banyak investasi kita banyak dan bisa beli cash semua apa yang kita inginkan . Ammin

Tapi sebenarnya kredit pun adalah cara mudah untuk solusi kebutuhan kita terutama barang2 yang ingin kita beli namun dengan membayar angsuran perbulannya atau pertahunnya.  Di karenakan barang tersebut mahal. Jadi harus di angsur . 

Berikut akan kita bahas tentang kapan seseorang harus membeli barang secara kredit, dan kapan Anda harus membeli barang secara tunai atau menabung. Dalam kredit, ada dua macam barang yang bisa kita hutangkan.
Yang pertama adalah barang-barang yang nilainya menurun, dan yang kedua adalah barang-barang yang nilainya meningkat.
Contoh barang yang nilainya menurun yang sering kita hutangkan adalah:

1. Kendaraan
Kalau Anda membeli kendaraan dan memakainya dalam jangka waktu  katakan  enam bulan, maka setelah enam bulan kendaraan tersebut biasanya tidak bisa kita jual kembali dengan harga yang sama ketika membelinya, tetapi malah lebih rendah. Ini wajar karena kendaraan tersebut mengalami penyusutan nilai. Kecuali nilai dolar tidak naik tinggi sekali, maka harga jual mobil ketika kita menjualnya kembali harusnya lebih rendah dibanding ketika kita membelinya, bukan malah lebih tinggi.
2. Barang-barang elektronik
Apakah temen-temen ingat berapa harga barang elektronik  ketika membelinya dulu? Anda tidak mungkin akan bisa menjual barang elektronik tersebut dengan harga yang sama karena barang elektronik adalah barang yang mengalami penyusutan juga.
Selain barang yang nilainya menurun,
Ada juga barang yang nilainya meningkat. Contohnya adalah properti. Properti terdiri atas tanah dan bangunan. Dalam jangka panjang (di atas 10 tahun), nilai properti biasanya naik terus (tanah). Ini karena kebutuhan atas tanah terus meningkat karena bertambahnya jumlah penduduk dunia, sedangkan jumlah tanah tidak bertambah.
Nah beberapa barang di atas bisa kita kredit dengan alasan di atas . Untuk menabung juga bisa menjadi pilihan saat kita inginkan saat membeli sesuatu.  

No comments