4 Hal yang perlu kamu ketahui tentang idul adha


Idul Adha adalah salah satu moment special bagi umat muslim di seluruh dunia tentunya. Sebab hari itu adalah hari dimana kita menyembelih hewan qurban sebagai memperingati ketaatan nabi Ibrahim kepada Allah dalam menjalankan perintahNya serta memperingati pengorbanan yang luar biasa pada Ibrahim dan juga Ismail.


Idul Adha pada setiap tanggal 10 Dzulhijjah juga dikenal dengan sebuatan “Hari Raya Haji”, dimana kaum muslimin yang sedang menunaikan haji yang utama, yaitu wukuf di Arafah. Mereka semua memakai pakaian serba putih dan tidak berjahit, yang di sebut pakaian ihram, melambangkan persamaan akidah dan pandangan hidup, mempunyai tatanan nilai yaitu nilai persamaan dalam segala segi bidang kehidupan. Tidak dapat dibedakan antara mereka, semuanya merasa sederajat. Sama-sama mendekatkan diri kepada Allah Yang Maha Perkasa, sambil bersama-sama membaca kalimat talbiyah.

Disamping Idul Adha dinamakan hari raya haji, juga dinamakan “Idul Qurban”, karena pada hari itu Allah memberi kesempatan kepada kita untuk lebih mendekatkan diri kepada-Nya. Bagi umat muslim yang belum mampu mengerjakan perjalanan haji, maka ia diberi kesempatan untuk berkurban, yaitu dengan menyembelih hewan qurban sebagai simbol ketakwaan dan kecintaan kita kepada Allah SWT.
Nah di antara beberapa definisi dari idul adhal . Sebagai orang  muslim perlu mengetahui tentang idul adha ada 4, diantaranya :

1. Pelaksanaan Sholat
Pelaksanaan sholat dilakukan dengan dua rakaat secara berjamaah. Sholat Idul Adha didahului niat berbunyi "ushalli rak'ataini sunnata li idil adhlha" dan ditambah 'imaman" bila menjadi imam, dan "makmuman" bila menjadi makmum.

2. Sembelih Hewan
Setelah pelaksanaan sholat Idul Adha, ritual ibadah lain yang dilakukan, yakni penyembelihan hewan. Biasanya, hewan yang disembelih berupa sapi maupun kambing.

3. Silaturahmi 

Sama seperti hari raya pada umumnya, perayaan Idul Adha yang jatuh pada tanggal 10 Dzulhijah di Indonesia ini erat dengan bersilahturahmi. Biasanya, para keluarga akan saling bertandang ke rumah kerabat atau memberikan ucapan melalui telepon.


4. Puasa Sunnah
Sebelum merayakan Lebaran Idul Adha 2019, umat muslim biasanya melaksanakan puasa sunnah tarwiyah dan arafah. Puasa tersebut biasanya dilaksanakan pada 8 dan 9 Dzulhijah secara berturut-turut.

5. Beda dengan Idul Fitri
Perayaan idul adha dan Idul Fitri memiliki makna yang berbeda. Idul Adha dirayakan untuk memperingati peristiwa kurban yang dilakukan oleh Nabi Ibrahim. Sedangkan Idul Fitri sebagai perayaan puncak ibadah puasa satu bulan penuh.

Dan pada akhirnya saya merasa sangat senang sebab sebentar lagi makan daging pun dan bisa kumpul keluarga.  Yeayy ..
Happy iedul adha





1 comment


  1. AJOQQ menyediakan permainan poker,domino, bandarq, bandarpoker, aduq, sakong dan capsa :)
    ayo segera bergabung bersama kami dan menangkan uang setiap harinya :)
    AJOQQ juga menyediakan bonus rollingan sebanyak 0.3% dan bonus referal sebanyak 20% :)

    ReplyDelete