Harapan Baru untuk Ibu kota Baruku.



Dear ibu kota Indonesia Jakarta .
Yang sebentar lagi akan menjadi mantan ibu kota Indonesia .
Ya saat ini Indonesia tengah ramai membicarakan pemindahan ibu kota baru ke Kalimantan.
Hampir semua bertanya kenapa pindah? Bukankah Jakarta kini telah semakin maju dan elok . Lambang Monas nya pun menjadi khas dari sebuah simbol jantung negara.

Lalu , kenapa Indonesia harus pindah ibu kota baru di Kalimantan?
Apakah benar Jakarta sudah tidak layak lagi menjadi ibu kota?

Kepala Badan Perencanaan Pembangunan Nasional (Bappenas) Bambang Brodjonegoro membeberkan alasan Ibu Kota harus dipindah dari DKI Jakarta. Jakarta sudah tidak mampu lagi menampung beban sebagai pusat pemerintahan dan pusat ekonomi.
Menurut Bambang, salah satu faktor Jakarta sudah tak layak lagi menjadi ibu kota negara ialah kerugian ekonomi yang diakibatkan kemacetan. Data Bappenas menunjukkan kerugian negara akibat kemacetan Jakarta terus naik pada tahun ini dan mendekati angka Rp100 triliun.

Banjir juga menjadi salah satu masalah yang harus diperhatikan. Apalagi, persoalan banjir tidak hanya berasal dari hulu tapi juga penurunan tanah di Pantai Utara dan kenaikan permukaan air laut. 
Menurut Bambang, 50 persen wilayah Jakarta berkategori rawan banjir atau memiliki tingkat keamnan banjir di bawah 10 tahunan. Idealnya, kota besar keamanan banjirnya minimum 50 tahunan.
Belum lagi soal penurunan permukaan air tanah di utara Jakarta sudah mencapai rata-rata 7,5 sentimeter per tahun. Menurut dia, permukaaan tanah di Jakarta sudah turun sampai 60 sentimeter pada 1989-2007. 
Dari banyak nya persoalan pada Jakarta saat ini Bambang selaku Kepala Bappenas membeberkan alasan kenapa saat ini ibu kota harus pindah . 

Nah lalu bagaimana dengan Kalimantan ? Benarkan dia bisa jadi jaminan untuk Indonesia lebih baik dan maju ? 

Menurut Rudy, ibu kota dipindahkan ke tengah, yaitu Kalimantan agar Indonesia-sentris, seimbang terhadap seluruh wilayah Indonesia. Itulah mengapa Kalimantan menjadi pilihan, selain karena lahan yang luas dan relatif aman bencana.
"Pemindahan ibukota negara akan memacu pertumbuhan ekonomi dan pemerataan pembangunan, juga mendorong perdagangan antar wilayah Indonesia,” ujarnya.

Oke dua alasan di atas bisa kita tarik kesimpulan nya masing-masing . Silahkan bagaimana pendapat mu akan hal ini? 
Pro kontra boleh-boleh tapi tetap hargai kebijakan atau keputusan yang sudah di tetapkan .
Maka dari itu saya pun memiliki harapan untuk ibu kota yang baru ini. 
Pemindahan ibu kota yang baru ini tentu diharapkan hanya berdampak pada masyarakat setempat tetapi juga berdampak lebih luas bagi negara ini. kembali ketujuan awal bahwa pemindahan ibu kota ini dikarenakan banyak permasalahan yang tidak mampu terselesaikan di jakarta.

Selanjutnya masyrakat Indonesia mendapatkan kesejahteraan dan pelayanan yang merata, sehingga pemerintah tidak hanya berpusat di pulau Jawa saja, tetapi luar Jawa juga mendapatkannya.
Dengan demikian harapan saya tentunya Indonesia menjadi lebih baik dan juga makmur.  Bukan hanya di ibu kota tapi juga di semua penjuru .

No comments