Solusi Banjir


Beberapa waktu lalu khususnya kota Bengkulu mengalami kebanjiran yang lumayan parah.  Tinggi airnya hampir 1 meter bahkan lebih.  60% kota Bengkulu terkena banjir terutama di daerah rendah. Seperti tanjung jaya, rawa makmur dan juga bengkulu Utara, bengkulu tengah dll. 
Banjir menjadi hal biasa buat masyarakat Indonesia. Hampir tiap tahun Indonesia selalu mendapatkan masalah banjir dan sampai saat ini pun belum ada solusi yg dapat menanggulangi permasalahan ini. Ketidaksadaran akan bahayanya banjir dan penyebab-penyebab terjadinya banjir menjadi penyebab kenapa banjir tersebut setiap tahun melanda Indonesia.

Menurut Nicholas Stern, pengarang "The Stern Report" (2006) mengenai perubahan iklim:
Negara kepulauan sangat rawan terhadap peningkatan air laut dan badai. Indonesia termasuk Negara yang amat rawannah 

Nah dengan demikian apa saja faktor-faktor yang menyebabkan banjir. Diantaranya :
1. Curah hujan yang tinggi
Hujan yang turun dalam waktu lama dan sering adalah faktor utama sering terjadi banjir di Jakarta. Biasanya terjadi pada puncak musim hujan di bulan Desember – Februari. Air hujan akan memenuhi sungai- sungai dan menggenangi jalanan yang pasti menyebabkan banjir jika terus terjadi tidak ada penampung atau resapan.

2. Pendangkalan sungai akibat sampah
Sungai-sungai yang dulunya dalam lama-lama menjadi dangkal akibat pembuangan sampah yang dilakukan oleh masyarakat sekitar. Sungai yang dangkal menyebabkan meluap ke pemukiman pada saat hujan deras.

3. Perusakan lahan
Seperti yang terjadi di beberapa wilayah, banyak kejadian banjir dan tanah longsor karena ulah perusakan lahan untuk penambangan liar. Tanah yang seharusnya jadi penahan air menjadi tergerus dan menyebabkan banjir.

4. Penebangan hutan
Hutan berfungsi sangat penting sebagai daerah resapan air, menyimpan air hujan kemudian mengalirkan kepada manusia melalui bentuk air tanah. Bila hutan terus ditebangi secara liar akan menimbulkan banjir bagi kawasan daerah tersebut, dengan banjir yang terus terjadi dengan skala besar maka ada kemungkinan menyebabkan tanah longsor.

Dari faktor di atas bisa kita ambil kesimpulan bahwa lebih baik mencegah dari pada mengobati.  Saat hukum sebab dan akibat bisa kita pahami . 
Maka mulailah dari diri kita sendiri untuk menanggulangi kejadian banjir. Dengan tidak membuang sampah sembarangan . 
Adapun solusi untuk menanggulangi banjir diantaranya
  • Membersihkan sungai dan got atau selokan dari sampah dan endapan lumpur untuk memperlancar aliran sungai.
  • Tidak membuang sampah sembarangan. Cara yang efektif untuk memudahkan membuang sampah adalah menyediakan tempat sampah dengan pengelolaan yang baik.
  • Membuat drainase yang baik dengan membuat tanggul penampung air, sistem sumur resapan yang terhubung dengan sistem drainase
  • Melakukan penghijauan pada area kosong yang dapat berfungsi sebagai hutan buatan.
  • Membuat tempat penyerapan air. Tampat penyerapan air ini dapat berupa sumur-sumur resapan atau area dengan lubang biopori.
  • Melakukan koordinasi dengan wilayah sekitar untuk merencanakan tindakan-tindakan yang diperlukan dalam menanggulangi banjir.
Semoga dengan solusi ini gak ada lagi banjir saat hujan.  

No comments