Lets Read untuk Menghidupkan dongeng melalui cerita bergambar


Assamualaikum bunda. Bunda yang selalu menjadi garda terdepan membela, melindungi serta menyayangi si buah hati.
Yang tak pernah lelah untuk membuat buah hati nya merasa aman dan nyaman. Bunda adalah wanita terhebat di dunia. Sudah valid no debat. Wkwkwk
Yap, bicara tentang bunda dan si buah hati. Ada tips menarik nih buat bunda, untuk si buah hati yang suka di bacakan dongeng sebelum tidur ato menjadikan buku cerita bergambar menjadi kisah dongeng. 
Hmmm seru kan ya. Yuk simak tips berikut untuk bisa bunda terapkan pada si buah hati ketika dia meminta "bunda bacakan aku dongeng" atau "bunda bagaiamana mendongeng cerita pada buku bergambar ini"
Kalau gitu yuk langsung aja nih Tips agar si buda bisa mendongeng melalui buku bergambar. 
  • Pilihlah buku yang sesuai dengan perkembangan anak
  • Bacakan cerita dengan ekspresif dan menarik
  • Usahakan gunakan suara yang berbeda untuk setiap karakter dalam cerita atau cukup dengan intonasi
  • Gunakan efek drama seperti tertawa, merengek, berbisik, sedih atau efek suara yang lain

  • Tambahkan gerakan (bahasa tubuh)
  • Ketika membacakan cerita, tunjukkan halaman depan, sebutkan judul (sebutkan buku tersebut bercerita tentang apa), sebutkan pengarang buku dan penggambarnya, lalu tunjukkan kata-kata yang dibaca dengan jari agar membantu anak untuk membayangkannya dalam otak
  • Ajukan pertanyaan-pertanyaan seputar cerita
  • Pancing dengan beberapa pertanyaan, ‘’apa yang akan terjadi menurut kamu?’’ atau ‘’apa ini?’’, ‘’apa itu?’’
  • Biarkan anak bertanya mengenai cerita
  • Buat cerita sebagai salah satu cara untuk berkomunikasi dengan anak

Nah setelah tau tips nya. Bunda juga harus tau bagaimana cara menghidupkan cerita dongeng melalui buku bergambar . 
Selain tips di atas ternyata hal tersebut juga dapat membantu anak menumbuhkan rasa percaya diri, menumbuhkan minat baca pada anak, membantu anak untuk memgekspresikan diri serta langkah awal mengenalkan buku dan yang terakhir mengembangkan imajinasi anak. 
Oiya bun. Bunda harus tau juga nih kalau 
Let's Read Hidupkan Dongeng dengan Cerita yang Beragam

Setelah mengetahui membacakan dongeng memberikan banyak manfaat untuk anak, sudah seharusnya sebagai orang tua memfasilitasi mereka sumber bacaan dongeng yang beragam. Jikalau tidak sempat untuk membelikannya buku dongeng secara fisik, kita masih bisa untuk membacanya secara digital. Seperti dongeng digital di aplikasi Let's Read. Ada banyak judul dongeng dengan cerita bergambar yang menarik di dalamnya. Cerita yang ditampilkan bukan hanya cerita dari Indonesia saja, tetapi juga dari Malaysia, Thailand, Vietnam, India, Korea dan masih banyak lagi.
 Lets read, sebuah aplikasi perpustakaan digital cerita anak atau cerita bergambar untuk anak. Persembahan komunitas literasi di bawah naungan The Asia Foundation sebagai penerbit. Let's Read! diprakarsai oleh Books for Asia, yakni program literasi yang telah berlangsung sejak 1954. Program tersebut menerima U.S. Library of Congress Literacy Awards atas inovasi dalam promosi literasi pada Desember 2017.


Dengan misi membudayakan kegemaran membaca pada anak Indonesia sejak dini melalui cerita bergambar, seperti dongeng dan cerita yang lebih modern tapi dengan latar kearifan lokal. Menekankan pada ilustrasi yang menarik berwarna-warni yang seakan hidup yang bisa membuat anak jadi tertarik untuk membaca sehingga seiring waktu dapat meningkatkan minat baca pada anak. 
Let's Read dikemas dengan tingkat bacaan yang berbeda-beda, mulai dari tingkat 1 sampai 5. Kemudian pilihan bahasa untuk membaca cerita bergambar anak mulai dari bahasa Indonesia, Malaysia, Inggris, Thailand  bahkan bahasa daerah seperti bahasa Bali, Jawa, Sunda, Minangkabau dan Batak Toba pun ada, ha! Nah kalau gitu yuk donwlod aplikasinya ah kalo uda tau yuk donwlod aplikasinya . !

Yuk bunda mari kita bersama-sama untuk buat si buah hati kita semakin percaya diri dengan cara membacakan dongeng . Hehe 

1 comment